VAKSINASI COVID-19 UPTD PUSKESMAS TAROKAN

by Admin, Posted on: 03 Jul 2019, 12:28 - Comments. - 1434 Views.


Hallo Salam Sehat !

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh UPTD Puskesmas Tarokan masih terus berjalan. Dimulai dari tenaga medis, pelayanan publik, tenaga pendidik, tokoh masyarakat, lansia, pedagang, tokoh agama, kader kesehatan, keluarga tenaga kesehatan, ODGJ, santri pondok. Setelah semua kelompok prioritas mendapat vaksin COVID-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin COVID-19 lainnya.

 

Apa saja kegunaan vaksinasi Covid-19?

1. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19

Vaksin COVID-19 dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Karenanya, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil. Jika seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

2. Mendorong terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok)

Mereka yang menerima vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang di sekitarnya, terutama kelompok berisiko, seperti lansia. Jika sebagian besar penduduk telah mendapatkan vaksin, hal tersebut mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

3. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat akan bangkit seperti sediakala.

 

Apa saja jenis vaksinasi yang diberikan?

Vaksinasi yang diberikan untuk saat ini terdiri dari 2 jenis, yaitu Sinovac dan Astra Zaneca. Untuk Sinovac pemberian dosis 1 dan dosis 2 berjarak 4 minggu. Sedangkan untuk pemberian Astra Zeneca dosis 1 dan dosis 2 berjarak 12 minggu.

 

Apa saja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang bisa dirasakan?

Beberapa KIPI contohnya adalah pusing, mual, nyeri otot (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), nyeri di tempat suntikan, kelelahan, malaise (perasaan lelah, tidak nyaman, dan kurang enak badan), dan demam.  Tetapi perlu diketahui bahwa kejadian ikutan tersebut  tidak terjadi kepada semua orang. Selama yang dirasakan merupakan KIPI ringan seperti yang telah disebutkan, masyarakat dihimbau untuk tidak panik. Bila terdapat keluhan berlanjut, peserta vaksinasi disarankan untuk segera menghubungi petugas kesehatan atau ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

 

Pelaksanaan Vaksinasi oleh UPTD Puskesmas Tarokan

Puskesmas Tarokan dan lintas sektor masih terus berupaya agar vaksinasi di Kecamatan Tarokan bisa berjalan maksimal. Jadwal pelaksanaan vaksinasi akan selalu diperbarui. Hubungi Puskesmas atau tenaga medis terdekat untuk mendapatkan informasi jadwal pelayanan vaksinasi.