INILAH 5M UNTUK CEGAH COVID-19! APA BEDANYA DENGAN 3M??

by Admin, Posted on: 03 Jul 2019, 12:39 - Comments. - 2402 Views.


Hallo Salam Sehat!

Satu tahun lebih sudah kita menghadapi Pandemi Covid-19 bersama. Pasti Anda sudah tidak asing bukan dengan istilah protokol kesehatan 3M? yang terdiri dari Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. 

Kini, kebijakan tersebut telah berkembang menjadi 5M. Apa itu 5M? berikut ini penjabarannya:

1. Memakai Masker

Kita semua diwajibkan untuk menggunakan masker bukan untuk kepentingan diri sendiri tetapi juga melindungi orang lain. Dianjurkan menggunakan masker yang memiliki daya saring baik minimal 3ply. Penggunaannya yang baik dan benar menutup mulai hidung, mulut, hingga dagu sangat dianjurkan. Anda pasti menjumpai pengguna masker yang hanya memakai masker di dagu? atau bahkan Anda juga seperti itu? Perlu diketahui bahwa masker yang dipakai di dagu saja tidak melindungi anda karena virus menyebar dan masuk melalui hidung dan mulut yang tidak tertutup masker. Karenanya, jangan lupa memakai masker yang baik dan benar ya !

2. Mencuci Tangan

Anda mesti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel. Mencuci tangan lah dengan menggunakan 6 langkah selama 20 detik dan tetap sedia  hand sanitizer  di dalam tas Anda. Ingat 5 waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

  1. Sebelum makan
  2. Setelah beraktivitas
  3. Sebelum menjamah makanan
  4. Sebelum menyusui
  5. Setelah buang air 

3. Menjaga Jarak

Tidak dapat dipungkuri jika kita harus tetap bergerak entah untuk bekerja atau kepentingan mendesak lainnya. Tetapi tetap perhatikan jarak dengan rekan Anda. Jarak yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 meter dari orang sekitar Anda. 

dan ini dia protokol kesehatan tambahan yang turut wajib ditaati ...

4. Menjauhi Kerumunan

Ada kalanya kita harus pergi untuk kepentingan tertentu. Hal yang perlu diperhatikan adalah JAUHI KERUMUNAN. Catat, semakin banyak dan sering Anda bertemu orang, kemungkinan terinfeksi corona bisa semakin tinggi, karena kita tidak tahu apakah orang disekitar kita sehat atau membawa sebuah virus? Oleh karena itu, waspada!

5. Mengurangi Mobilitas

Jika bukan keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski terlihat sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu Anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama. Tetap lindungi keluarga kita di rumah. Jangan sampai kita pulang membawa virus bagi mereka.

Selalu ingat, virus corona bisa menginfeksi seseorang dengan cepat.

5M ini berlaku untuk semua kalangan. Tapi, kalau untuk anak di bawah 2 tahun, tidak disarankan pakai masker; tapi bisa digunakan penutup stroller (jika pakai) atau face shield.

Apabila Anda baru saja kontak dengan penderita COVID-19, jangan malu untuk melakukan PCR swab test dan isolasi mandiri. Ingat, positif virus corona bukanlah aib. Jadi, tak perlu malu apabila Anda memang mengalami penyakit tersebut.

Laporkan kondisi Anda kepada Satgas Covid di desa atau tenaga medis terdekat, agar Anda bisa mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya. Penanganan yang cepat dan tepat akan meminimalisir resiko, serta mencegah penularan kepada banyak orang di sekitar Anda!

Gerakan 5M COVID-19 tetap harus dilaksanakan, sekalipun vaksin virus corona sudah mulai diedarkan. Dengan demikian, pandemi bisa segera usai dan kehidupan bisa kembali normal.

 

SEMANGAT !

KESEHATAN PULIH, EKONOMI BANGKIT !